Debat Sandiaga vs Ma’ruf Amin dinilai lebih menarik

REPORTED BY: Dhuha Hadiansyah

Debat Sandiaga vs Ma’ruf Amin dinilai lebih menarik

Direktur Sinergi masyarakat untuk demokrasi Indonesia (Sigma), Said Salahuddin menilai debat cawapres Ma’ruf Amin dan Sandiaga Uno diyakini lebih menarik daripada debat capres.

“Pemilih pada umumnya sudah mengetahui kualitas capres Joko Widodo dan Prabowo Subianto. Sebab, keduanya sudah pernah berhadapan pada debat Pilpres 2014,” katanya di Jakarta, Jumat (11/01/2019).

Menurutnya, debat bakal cukup efektif untuk mempengaruhi pilihan pemilih. Apa yang menjadi visi dan misi calon akan dinilai oleh pemilih. Aspek rasionalitas program, argumentasi, gestur, gaya berdebat, dan penggunaan bahasa biasanya akan menjadi pertimbangan utama Pemilih.

Debat Joko Widodo dan Prabowo Subianto, dikatakan Said, hanya akan berpengaruh banyak terhadap pilihan pemilih pemula.

“Pemilih pemula ini kan pada umumnya baru melek politik. Sensasi debat Jokowi versus Prabowo lima tahun yang lalu belum pernah mereka rasakan,” katanya.

Sayangnya, jumlah pemilih pemula ini tidak cukup jelas. Ketua KPU bilang sekitar lima juta orang, sementara salah seorang Anggota KPU menyebut sekira 1,2 juta Pemilih.

“Tetapi, untuk debat cawapres kondisinya mungkin akan berlainan dengan debat capres. Sebab, pasangan Jokowi dan Prabowo di Pilpres 2019 ini berbeda dengan Pilpres 2014. Baik Ma'ruf Amin maupun Sandiaga Uno belum pernah berhadap-hadapan dalam sesi debat,” ujarnya.

Dikatakan Said, sebagian pemilih mungkin pernah menyaksikan kualitas Sandiaga pada Pilgub DKI Jakarta 2017, tetapi dengan lawan debat yang berbeda.

“Nah, dari sesi debat Ma'ruf versus Sandiaga itulah kemungkinan bisa muncul perubahan elektabilitas dari kedua pasangan calon. Sebab, Pemilih pemula, 'swing voters' dan kelompok 'undecided voters' sepertinya masih dapat 'digoda' oleh para cawapres pada saat sesi debat nanti,” katanya.

Oleh sebab itu, Said meyakini  debat cawapres lebih berpeluang untuk mengubah pilihan pemilih dibandingkan dengan debat capres.

“Debat antara Ma'ruf Amin yang sudah berusia sangat senior dan Sandiaga Uno yang jauh lebih junior boleh jadi sudah sangat dinanti,” pungkasnya.

Sindir Jokowi, Fahri Hamzah: Tukang cukur jangan diajak selfie, dikasih modal
Kubu Jokowi: Jangan pilih pemimpin berengsek
Golkar yakin keunggulan 9 persen akan menangkan Jokowi
Gerakan Santri Madura ajak rakyat tolak calon pemimpin penyebar hoaks
TKN: aksi Jokowi cukur di Garut bentuk konsistensi
DPR sarankan Eddy Rahmayadi konsentrasi jadi gubernur
Fadli Zon nilai pembebasan Abu Bakar Ba'asyir untuk raup simpati umat Islam
Armada Rusia incar kapal perusak AS di Laut Hitam
AS dan sekutu hancurkan masjid dengan jet tempur
Panin Sekuritas prediksi IHSG naik ke level 6.500
KPU akan perbaiki format dan mekanisme debat capres
KPU tak beri kisi-kisi jawaban di debat kedua, ini kata kubu Prabowo
PSI: Pembebasan Abu Bakar Ba'asyir untuk hindari serangan oposisi
Eddy Rahmayadi mundur sebagai ketua PSSI
Macam-macam hoaks dan kenapa orang berbohong
Fetching news ...