Setelah Sandiaga ‘ceraikan’ Anies, siapa penggantinya?

REPORTED BY: Siti Dzakiyyah

Setelah Sandiaga ‘ceraikan’ Anies, siapa penggantinya?

Sejak Sandiaga Uno ‘menceraikan’ Gubernur Anies Baswedan dan lebih ‘memilih’ Prabowo sebagai cawapres pendampingnya, kini posisi Wakil Gubernur DKI Jakarta masih kosong.

Sesuai aturan, yang punya hak untuk menawarkan pengganti Sandiaga adalah partai Gerindra dan PKS yang merupakan partai pengusung Sandiaga Uno di Pilkada DKI lalu.

“Secara aturan, yang bisa ganti Pak Sandi itu kan dari PKS dan Gerindra, karena dulu yang ngusung dari dua partai itu,” kata Ketum PKS Sohibul Iman, beberapa waktu lalu.

Meski demikian, kuat dugaan posisi Wakil Gubernur tersebut akan diisi oleh PKS. Pasalnya, PKS yakin Gerindra akan memberikan posisi tersebut lantaran kadernya sudah terlebih dulu naik menjadi cawapres.

Beberapa nama dikabarkan telah diusung untuk menempati posisi tersebut, dan yang dianggap paling berpeluang  yaitu Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera. 

Sepak terjang Mardani Ali Sera dalam dunia politik juga cukup tajam. Tak sedikit cibiran yang melekat pada diri Mardani. Dia dianggap sebagai provokator gerakan #2019gantipresiden sehingga berhasil memojokan kubu Jokowi. 

Sebelumnya, Mardani juga dikenal sebagai mantan ketua tim pemenangan Anies-Sandiaga dalam Pilkada Jakarta 2017. Setelah sebelumnya, Dia disebut-sebut sebagai bakal calon wakil gubernur.

Namun, namanya tenggelam menjelang pendaftaran pasangan calon di KPUD DKI Jakarta. Ia ditunjuk sebagai kepala pemenangan Anies-Sandi.

Sebagaimana lawannya Ahok-Djarot dan AHY-Sylviana, tim Mardani membuat konten-konten viral agar Anies-Sandi selalu dalam pusat perbincangan di media sosial.

Tapi, yang lebih penting dari itu: Mardani bersama tim pemenangan Anies-Sandi memanfaatkan dan mengeksploitasi isu agama pada diri petahana Ahok, yang dalam sejumlah hasil survei bakal sulit dikalahkan.

Di samping itu, pencalonan Mardani juga disebut-sebut menguntungkan kedua belah pihak partai PKS maupun Gerindra. 

Dari sekian perjalanan yang dilewati Mardani Ali Sera, bukan tidak mungkin Dia menjadi kandidat terkuat menggantikan Sandiaga Uno untuk membina ‘rumah tangga’ DKI Jakarta bersama Anies Baswedan.

Lantik Wakapolri Syafruddin, Jokowi amankan suara Polri?
Soal tuntutan rotasi jabatan yang tak transparan, ini jawaban KPK
Orang Indonesia paling nggak bisa <i> nyusu </i>
Ma'ruf Amin perintahkan NU ancam Jokowi hanya tafsiran Mahfud MD
3 kali mogok dalam 12 hari, LRT Palembang 95 persen produk lokal
Legislator minta dalang pembakaran satu keluarga dihukum mati
Kubu Jokowi ingin Ma'ruf temui Rizieq di Mekkah
Ahok bakal terjun kampanye untuk Jokowi?
Ma'ruf Amin bapak ekonomi kaum tertindas
Realisasi investasi triwulan kedua turun 4,9 persen
Sandiaga Uno akui kekayaannya fluktuatif
Jangan khianati nenek moyang yang hadirkan kedamaian di bumi pertiwi
Rupiah masih terseok di atas Rp14.600
Cari istri perawan? di sini tempatnya
Sunan Kalijaga janji tak akan sebar hoaks demi menangkan Jokowi
Fetching news ...