Setelah Sandiaga ‘ceraikan’ Anies, siapa penggantinya?

REPORTED BY: Siti Dzakiyyah

Setelah Sandiaga ‘ceraikan’ Anies, siapa penggantinya?

Sejak Sandiaga Uno ‘menceraikan’ Gubernur Anies Baswedan dan lebih ‘memilih’ Prabowo sebagai cawapres pendampingnya, kini posisi Wakil Gubernur DKI Jakarta masih kosong.

Sesuai aturan, yang punya hak untuk menawarkan pengganti Sandiaga adalah partai Gerindra dan PKS yang merupakan partai pengusung Sandiaga Uno di Pilkada DKI lalu.

“Secara aturan, yang bisa ganti Pak Sandi itu kan dari PKS dan Gerindra, karena dulu yang ngusung dari dua partai itu,” kata Ketum PKS Sohibul Iman, beberapa waktu lalu.

Meski demikian, kuat dugaan posisi Wakil Gubernur tersebut akan diisi oleh PKS. Pasalnya, PKS yakin Gerindra akan memberikan posisi tersebut lantaran kadernya sudah terlebih dulu naik menjadi cawapres.

Beberapa nama dikabarkan telah diusung untuk menempati posisi tersebut, dan yang dianggap paling berpeluang  yaitu Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera. 

Sepak terjang Mardani Ali Sera dalam dunia politik juga cukup tajam. Tak sedikit cibiran yang melekat pada diri Mardani. Dia dianggap sebagai provokator gerakan #2019gantipresiden sehingga berhasil memojokan kubu Jokowi. 

Sebelumnya, Mardani juga dikenal sebagai mantan ketua tim pemenangan Anies-Sandiaga dalam Pilkada Jakarta 2017. Setelah sebelumnya, Dia disebut-sebut sebagai bakal calon wakil gubernur.

Namun, namanya tenggelam menjelang pendaftaran pasangan calon di KPUD DKI Jakarta. Ia ditunjuk sebagai kepala pemenangan Anies-Sandi.

Sebagaimana lawannya Ahok-Djarot dan AHY-Sylviana, tim Mardani membuat konten-konten viral agar Anies-Sandi selalu dalam pusat perbincangan di media sosial.

Tapi, yang lebih penting dari itu: Mardani bersama tim pemenangan Anies-Sandi memanfaatkan dan mengeksploitasi isu agama pada diri petahana Ahok, yang dalam sejumlah hasil survei bakal sulit dikalahkan.

Di samping itu, pencalonan Mardani juga disebut-sebut menguntungkan kedua belah pihak partai PKS maupun Gerindra. 

Dari sekian perjalanan yang dilewati Mardani Ali Sera, bukan tidak mungkin Dia menjadi kandidat terkuat menggantikan Sandiaga Uno untuk membina ‘rumah tangga’ DKI Jakarta bersama Anies Baswedan.

Sindir Jokowi, Fahri Hamzah: Tukang cukur jangan diajak selfie, dikasih modal
Kubu Jokowi: Jangan pilih pemimpin berengsek
Golkar yakin keunggulan 9 persen akan menangkan Jokowi
Gerakan Santri Madura ajak rakyat tolak calon pemimpin penyebar hoaks
TKN: aksi Jokowi cukur di Garut bentuk konsistensi
DPR sarankan Eddy Rahmayadi konsentrasi jadi gubernur
Fadli Zon nilai pembebasan Abu Bakar Ba'asyir untuk raup simpati umat Islam
Armada Rusia incar kapal perusak AS di Laut Hitam
AS dan sekutu hancurkan masjid dengan jet tempur
Panin Sekuritas prediksi IHSG naik ke level 6.500
KPU akan perbaiki format dan mekanisme debat capres
KPU tak beri kisi-kisi jawaban di debat kedua, ini kata kubu Prabowo
PSI: Pembebasan Abu Bakar Ba'asyir untuk hindari serangan oposisi
Eddy Rahmayadi mundur sebagai ketua PSSI
Macam-macam hoaks dan kenapa orang berbohong
Fetching news ...