PDI sebut 'poster Jokowi raja' jurus baru kampanye hitam

REPORTED BY: Insan Praditya

PDI sebut 'poster Jokowi raja' jurus baru kampanye hitam Calon Presiden RI Pertahana, Joko Widodo

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan atribut partai yang beredar di Jawa Tengah yang menampilkan Presiden Joko Widodo atau Jokowi memakai pakaian dan mahkota raja adalah modus kampanye hitam. Ia menegaskan atribut tersebut bukan Atribut Peraga Kampanye (APK) resmi yang diluncurkan oleh PDIP.

"Atribut itu seolah mendukung kami, padahal bersifat black campaign. Dari aspek estetika, komunikasi politik, daya imajinasi, dan teknik kampanye, atribut bergambar PDI Perjuangan dan Pak Jokowi yang terpasang tersebut bukan kami. Ada pihak-pihak yang memalsukan alat peraga kampanye tersebut. Kami yakin, atribut tersebut dipasang oleh pihak yang mau mendiskreditkan kami.” kata Hasto saat dihubungi wartawan, Selasa (13/11/2018).

Hasto mengatakan pemasangan Atribut Peraga Kampanye (APK) palsu itu, tidak terlepas dari posisi PDIP dibeberapa survei yang selalu menduduki posisi teratas. Menurutnya, ada pihak-pihak yang ingin elektabilitas PDIP turun dengan memasang APK palsu tersebut.

"Ada kekuatan-kekuatan tertentu yang mendowngrade PDI Perjuangan agar elektabilitas turun. Ini cara-cara yang tidak sehat dalam demokrasi," ujarnya.

Hasto mengucapkan terima kasih kepada seluruh kader partai dan masyarakat yang sudah melaporkan adanya atribut peraga kampanye palsu tersebut. Menurut Hasto, PDIP saat ini tengah mempertimbangkan langkah hukum atas pemasangan APK palsu oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

"Terima kasih atas kerja cepat kader Partai bersama dengan masyarakat yang melaporkan adanya APK Liar tersebut dan kemudian menurunkan APK setelah berkoorsinasi dengan Bawaslu. Kami juga sedang memertimbangkan langkah hukum atas pemasangan APK oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab," jelasnya.

Selanjutnya, Hasto mengatakan PDIP sudah mempersiapkan Atribut Peraga Kampanye yang mengedepankan kepemimpinan merakyat Joko Widodo.

"Kami sudah memersiapkan atribut asli kami, yang mengedepankan kepemimpinan merakyat Pak Jokowi dengan pendekatan soft campaign," pungkasnya.

Sebelumnya, sejumlah poster bergambar Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo atau Jokowi mengenakan pakaian raja dengan logo partai PDIP beredar di beberapa wilayah di Jawa Tengah. Seluruh kader PDIP menyisir seluruh wilayah yang terpasang poster tersebut untuk mencopot poster Jokowi dengan pakaian raja tersebut.

Poster Jokowi dengan pakaian raja lengkap dengan mahkota itu dicopot di beberapa titik seperti di terminal, tempat-tempe umum dan pelosok desa di Jawa Tengah.
    

 

Prabowo perlu reuni 212 lagi jelang Pilpres 2019 jika ingin menang
Meluruskan cara pandang tentang pernikahan dan keluarga
Charta Politica: Pemindahan posko pemenangan BPN ke Jateng hanya psywar
Reforma Agraria era Jokowi dinilai di lajur yang benar
Markas BPN pindah, TKD: Apa urgensinya?
PAN akan sanksi DPD membelot ke kubu Jokowi
Cara Khabib Nurmagomedov habiskan 100 ribu dolar pertamanya
DPR minta Kemendagri ungkap e-KTP tercecer
Ibu dan bayi perempuannya tewas karena dokter mabuk
Dua RS Belanda hentikan impor potongan tubuh manusia dari AS
Filipina batal beli helikopter Rusia karena takut AS
Sejumlah kapal perang Rusia masuki  India
Salah sebut gelar Nabi, Prabowo dituntut minta maaf ke umat Islam
Sandiaga ganti strategi, BPN pindah posko pemenangan
Berkarya sebut dosen Universitas Andalas latah dan tak paham tata negara
Fetching news ...