Penghargaan Risma untuk para pahlawan pencegah terorisme

REPORTED BY: Dhuha Hadiansyah

Penghargaan Risma untuk para pahlawan pencegah terorisme "Yang penting sekarang harus kuat." - Tri Rismaharini

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini memberikan bantuan sosial dan piagam kepada warga yang memiliki jiwa kepahlawanan untuk mencegah terorisme.

"Ada 41 penghargaan yang kami berikan kepada mereka yang nyata-nyata berjuang sehingga terjadi pencegahan," kata Risma saat peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-110 di Taman Surya, Kota Surabaya, Senin (21/05/2018).

Penghargaan ini adalah wujud  penghormatan Risma, Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Rudi Setiawan, dan Danrem kepada warga pejuang antiterorisme.

Penghargaan diberikan kepada para korban meninggal dan yang masih dirawat di rumah sakit, anggota kepolisian Polrestabes Surabaya, rumah sakit, universitas dan tim psikolog atas keberanian, pengorbanan dan dedikasi dalam mengamankan tempat ibadah serta menjaga ketertiban Kota Surabaya.

Pemkot Surabaya juga memberikan santunan kepada keluarga korban meninggal dunia dan menanggung biaya berobat korban selamat yang dirawat di rumah sakit.

"Semua kita tanggung, keluarga korban tidak perlu khawatir. Nanti diurusi sama dinas kesehatan. Yang penting sekarang harus kuat," kata Risma.

Risma telah menyempatkan mengunjungi keluarga korban ledakan bom di Surabaya untuk menguatkan para keluarga korban dalam menghadapi musibah yang menimpa mereka.

Korban-korban yang sudah dikunjungi Risma adalah keluarga almarhum Aloysius Bayu Rendra Wardhana. Bayu adalah salah satu korban meninggal dunia dari ledakan bom bunuh diri di Gereja Katolik Santa Maria Tak Bercela, Ngagel, Surabaya.

Risma juga mendatangi rumah duka Adi Jasa di Jalan Demak. Sekitar enam orang menjadi korban ledakan bom bunuh diri disemayamkan secara bersamaan di rumah duka Adi Jasa.

Tiga gereja terkena ledakan bom, yakni Gereja Santa Maria Tak Bercela di Jalan Ngagel, GKI di Jalan Diponegoro dan GPPS di Jalan Arjuna pada Minggu (13/5). Kemudian Polrestabes Surabaya, Senin pagi 14 Mei.

Dampak teror

Aksi teror itu total menewaskan belasan orang dan puluhan orang terluka. Di samping itu, perekonomian di Kota Pahlawan juga mengalami penurunan pascateror bom yang terjadi di tiga gereja sepekan lalu disusul ledakan di Mapolrestabes Surabaya

"Ya agak turun tapi mudah-mudahan cepat normal kembali," kata Risma, kemarin.

Untuk itu, ia berharap situasi dan kondisi di Kota Surabaya berlangsung kondusif sehingga warga bisa melakukan aktivitas seperti biasa dan juga investor tidak khawatir berinvestasi di Surabaya.

Sementara itu, Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Surabaya Jamhadi mengatakan Kadin tidak menyangka jika selama ini Surabaya dikenal aman dan nyaman, menjadi target teroris.

"Dengan adanya kejadian itu tentu, semua pihak yang ada di Surabaya harus merapatkan barisan menunjukkan ke dunia luar bahwa di Surabaya aman untuk tinggal, wisata dan bisnis," katanya.

Menurut dia, salah satu yang sudah dilakukan Kadin Surabaya adalah dengan memberikan penjelaskan kepada para tamu luar negeri di acara pertemuan Surabaya Bisnis Forum di Hotel Bumi Surabaya pada 16 Mei 2018.

"Kami jelaskan kepada para tamu bahwa Surabaya dan Jatim aman," katanya.

Ketua Jaringan Pengusaha Nasional (Japnas) Wilayah Jawa Timur Mohammad Supriyadi sebelumnya menyatakan aksi terorisme berupa peledakan bom di Surabaya dan Sidoarjo menurunkan kepercayaan investor untuk berinvestasi di Kota Pahlawan dan sekitarnya.

"Dari sisi produksi, mencegah para pekerja untuk masuk kerja atau melakukan kegiatan produksi," katanya.

Selain itu, lanjut dia, dari sisi logistik, adanya razia, pengamanan dan penutupan jalan mengganggu distribusi logistik regional. Secara makro mengganggu roda ekonomi baik mingguan, maupun bulanan, sehingga pertumbuhan ekonomi triwulanan terganggu.

"Dari sisi konsumsi juga mengurangi jumlah total konsumsi karena adanya penurunan pengunjung pada pusat perbelanjaan ritel maupun grosir," katanya.

Ketika negara hadir bantu korban kebakaran di suasana idul fitri
Kukuhkan dominasi di luar angkasa, Trump perintahkan bentuk pasukan antariksa
Tahun berganti dan masih punya hutang puasa Ramadhan, apa yang harus dilakukan?
Terus bertambah, korban KM Sinar Bangun hampir 200 orang
Dukun bayi Yamini baru terhenti setelah 25 tahun praktik aborsi
Berebut titipan SBY antara Gerindra dan Demokrat
Rusia tim pertama ke babak knock out; Salah cs harus angkat kaki
Memulai usaha besar dari hal kecil
Tradisi perayaan lebaran yang jadi ancaman penerbangan internasional
Selepas lebaran, ini makanan yang paling dicari
Terimakasih ke Jokowi, Rizieq sudah luluh?
Alasan PDIP harus kuasai Bali
Pertamina jamin pasokan BBM di titik utama arus mudik
Rommy \
Manfaatkan helikopter, Menhub ingin arus mudik lancar
Fetching news ...