Ideas Law

Komisi III DPR tetapkan dua Hakim Agung

REPORTED BY: Dhuha Hadiansyah

Komisi III DPR tetapkan dua Hakim Agung

Komisi III DPR menetapkan dua Hakim Agung, yaitu Abdul Manaf untuk Kamar Agama dan Pri Pambudi Teguh untuk Kamar Perdata. Dua calon Hakim Agung tersebut dinyatakan lolos setelah uji kelayakan dan kepatutan.

"Sepuluh fraksi menyetujui untuk memilih Abdul Manaf sebagai Hakim Agung pada Kamar Agama dan Pri Pambudi Teguh sebagai Hakim Agung pada Kamar Perdata," kata Desmond Junaidi Mahesa usai rapat pleno di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (11/07/2018).

Keputusan itu diambil secara aklamasi pada rapat pleno Komisi III, kemudian hasil keputusan itu akan dibawa ke rapat paripurna. Dari keputusan itu Abdul Manaf dan Pri Pambudi Teguh akan dilantik sebagai Hakim Agung pada rapat paripurna DPR selanjutnya.

"Dengan demikian, rapat ini secara aklamasi sudah kita pilih, dan kita akan teruskan ke rapat paripurna," kata Desmond.

Desmod mengatakan kedepannya ia berharap Komisi Yudisial (KY) melakukan seleksi sesuai kebutuhan Mahkamah Agung. Ia mengatakan dua calon Hakim Agung yang diajukan KY tidak memenuhi kebutuhan yang diminta MA, yaitu ada 8 jabatan Hakim Agung. Oleh karena itu, Desmod meminta disediakan calon Hakim Agung sesuai kebutuhan.

"Ke depan kami berharap untuk berapa kekurangan Hakim Agung, KY melakukan seleksi sesuai kebutuhan itu agar putusan itu bukan putusan di KY. Seolah-olah KY hari ini adalah menyeleksi yang seharusnya dipilih. itu kan juga enggak bener," tutur Desmod.

Sebelumnya, Komisi III DPR melakukan uji kelayakan dan kepatutan terhadap calon Hakim Agung. Kedua calon tersebut adalah Abdul Manaf yang sebelumnya menjabat sebagai Dirjen Peradilan Agama dan Pri Prambudi Teguh yang kini menjabat sebagai hakim tinggi pengadilan tinggi Jawa Tengah yang merupakan kakak dari Ganjar Pranowo

"Kami laksanakan (fit and proper test) untuk memenuhi permintaan dua kamar yang masih kosong, kamar perdata dan kamar agama. KY mengajukan dua nama. Nama tersebut telah kami lakukan fit and proper test. Pertama terhadap Pak Abdul Manaf, Kamar Agama, yang kedua terhadap Pak Pri Pambudi Teguh, Kamar Perdata," kata anggota Komisi III DPR Taufiqulhadi di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (10/07/2018).

Potret generasi wacana
Babat habis kasus korupsi Setya Novanto, kini dr. Bimanesh Sutarjo resmi dipenjara
MKD tidak akan persulit proses penggeledahan ruangan Eni Maulani Saragih
Jokowi akui bertemu TGB bicarakan cawapres
Generasi muda harus berdaya juang tinggi
Sofyan Basir dinilai ketat pilih kontraktor di proyek PLN
Agus Hermanto bantah PDIP ajak dukung Jokowi di Pilpres 2019
Deretan fakta Piala Dunia 2018
Tol Solo-Ngawi diresmikan, Jokowi: pembuka jalur merak-banyuwangi
Sederet fakta Wakil Ketua Komisi VII DPR Eni Maulani Saragih tersandung kasus korupsi
Mencari advocat berkualitas, puluhan perwira Polri ikut bersaing
Mengenal sindrom Peter Pan
Selain tunjangan kinerja, kesejahteraan TNI - Polri perlu diperhatikan
Bacaleg PKS banyak mundur, begini tanggapan Fahri Hamzah
Fokus jadi Mensos, Idrus Marham tak nyaleg
Fetching news ...