News Law

Ketika fakultas hukum UGM memiliki organisasi alumni

REPORTED BY: Dhuha Hadiansyah

Ketika fakultas hukum UGM memiliki organisasi alumni Ketua Umum KELUARGA ALUMNI HUKUM GADJAH MADA (KAHGAMA), Otto Hasibuan

Setelah melalui proses pemilihan yang panjang Advokat Senior Otto Hasibuan secara aklamasi terpilih menjadi Ketua Umum Keluarga Alumni Hukum Gadjah Mada (KAHGAMA) periode 2018-2023. Ketua Umum KAHGAMA Otto Hasibuan mengaku untuk pertama kali Fakultas Hukum Universitas Gajah Mada mempunyai organisasi alumni. 

"Ini yang pertama kali di UGM. Jadi periode kepengurusan saya ini yang akan menjadi cikal bakal KAHGAMA kedepan," tegas Otto, di Jakarta, Minggu (20/5/2018). 

Otto Hasibuan berharap kedepannya KAHGAMA dapat menjadi sarana saling tolong menolong antar alumni dan dapat mempersatukan ide-ide antara pihak FH UGM dengan para alumni. 

"KAHGAMA harus bisa menjadi tempat alumni menyumbangsihkan pemikiran mereka guna kemanjuan Hukum di Indonesia. Sudah banyak alumni fakultas hukum UGM yang berkiprah di Indonesia atau internasional maka mereka perlu wadah," katanya.

Otto menegaskan kemajuan hukum di Universitas memerlukan sumbangsih pemilikiran dari para alumninya. 

Sementara Sigit Rianto Dekan Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada menekankan pentingnya penyatuan visi dan misi dari seluruh alumni dan pengurus Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada untuk dapat menghadapi tantangan yang ada, dan juga pembentukan KAHGAMA merupakan systemic engagement yang dapat mendukung sumbangsih kepada negara.

Sejumlah tokoh akan hadir dalam pelantikan kepengurusan KAHGAMA periode 2018-2023, Senin 21 Mei besok. Mereka antara lain Ketua Umum Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (KAGAMA), Ganjar Pranowo, Menteri Perhubungan Budi Karyasuamdi, Profesor Nindyo Pramono, Prof Denny Indrayana.

Sumbangsih alumni FH UGM

Dibentuk pada , 3 November 2017, KAHGAMA diharapkan menjadi sarana yang mendukung sumbangsih alumni FH UGM kepada Indonesia berupa adanya penyatuan visi dan misi dari seluruh alumni dan pengurus Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada sehingga dapat menghadapi tantangan yang ada.

Pembentukan KAHGAMA merupakan systemic engagement untuk dapat mendukung sumbangsih kepada negara. Pada saat KAHGAMA dibentuk, Otto Hasibuan berharap KAHGAMA dapat menjadi sarana saling tolong menolong antar alumni dan dapat mempersatukan ide-ide antara pihak FH UGM dengan para alumni.

“KAHGAMA merupakan sebuah jembatan yang dapat dipergunakan sebagai alat penghubung untuk mempersatukan ide-ide antara fakultas dan para alumni. Hal ini dikarenakan apabila tidak adanya pembentukan KAHGAMA, maka suara atau sumbangsih yang diberikan oleh para alumni akan kurang terdengar. Dengan kata lain, apabila satu alumnus berbicara sendiri atas nama pribadinya, akan berbeda dampaknya jika dibandingkan dengan satu alumnus berbicara dan mendapatkan dukungan dari KAHGAMA. Dalam hal ini, masyarakat sosial akan menganggap alumnus tersebut merupakan alumni KAHGAMA, bukan alumnus secara pribadi”, kata advokat yang namanya belakangan mencuat ini.

Sementara itu, Sri Rahma Chandrawati, S.H. yang saat ini berprofesi sebagai notaris sekaligus Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT). Dalam pemaparannya, notaris sekaligus PPAT yang memiliki kantor di daerah Kebayoran Baru, Jakarta Selatan ini mendukung penuh pembentukan Keluarga Alumni Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada (KAHGAMA).

“Secara individu, dukungan secara penuh diberikan untuk pembentukan KAHGAMA. Hal ini dikarenakan dengan adanya pembentukan KAHGAMA, lulusan Fakultas Hukum akan membentuk suatu ikatan, yang dapat diperumpamakan sebagai sapu lidi, yang dapat menegakkan hukum itu sendiri di Indonesia, dimana hukum memberikan kepastian dan memberikan sanksi bagi yang melakukan pelanggaran,” tegasnya.

PDIP akan laporkan pemasangan poster Jokowi Raja ke Bawaslu
Kubu Prabowo nilai kubu Jokowi sering serang dengan isu-isu aneh
Prabowo-Sandi tiga kali minta maaf, PSI: Musti taubat dan hijrah
Irlandia selidiki pengakuan tiga pilot yang lihat piring terbang
PDI sebut 'poster Jokowi raja' jurus baru kampanye hitam
Mahathir Mohamad temui Vladimir Putin bahas jet tempur
Fahri Hamzah resmikan program magang ke Jepang
Sri waspadai penguatan dolar dan harga minyak
Akar kecanduan air rebusan pembalut
Korban kekerasan seksual di institusi pendidikan jauh dari keadilan
TKD Jabar: Suara Jokowi-Ma'ruf di Priangan Barat dan Priangan Timur masih lemah
DPR desak Kemenag efisienkan pembuatan kartu nikah
Ma'ruf Amin: Masyarakat salah paham soal orang buta dan budek
Demokrat sepakat dengan Sandiaga soal genderuwo ekonomi di pemerintahan Jokowi
Kubu Prabowo sebut penurunan kemiskinan Jokowi kalah dengan Megawati dan Gusdur
Fetching news ...